Senin, 19 Oktober 2015

Modul 1
Langkah Awal Untuk Persiapan Membuat Weblog
Disini akan dijelaskan cara membuat Weblog dengan www.blogger.com maka disarankan agar memiliki email gmail melalui (www://mail.google.com).
Ikuti langkah berikut proses cara mendaftar E_mail dengan www://mail.google.com:
Langkah awal ketikkan alamat berikut www://mail.google.com , maka akan muncul window berkut, kemudian anda klik Buat Akun (Sign Up) di sudut kanan atas.

  1. Kemudian muncul window berikut dan isikan identitas anda, setelah selesai lanjutkan dengan klik perintah langkah berikutnya.


2. Maka e_mail anda telah berhasil, dengan tampilan seperti berikut, anda dapat klik lanjutkan ke Gmail.

3. Maka akan tampil window berikut, anda dapat melanjutkan dengan klik Buka Gmail
4.Sempurnalah E_mail anda yang baru anda buat dan anda dapat menggunakannya sebagai akun-akun, dan didalam E_mail anda sudah dapat tanggapan dari Gmail.





Modul 2
Cara Membuat Weblog Di www://blogger.com
Sebelum membahas mengenai bagaimana cara membuat weblog, ada baiknya jika kita mengerti apa itu definisi atau pengertian blog. Jika ditanya mengenai pengertian blog, setiap orang pasti mempunyai jawaban yang berbeda, meskipun jawabannya berbeda, makna dari jawaban mereka pasti tidak jauh berbeda.

a.      Sejarah blog

Blog pertama kemungkinan besar adalah halaman What’s New pada browser Mosaic yang dibuat oleh Marc Andersen pada tahun 1993. Kalau kita masih ingat, Mosaic adalah browser pertama sebelum adanya Internet Explorer bahkan sebelum Nestcape. Kemudian pada Januari 1994 Justin Hall memulai website pribadinya Justin’s Home Page yang kemudian berubah menjadi Links from the Underground yang mungkin dapat disebut sebagai Blog pertama seperti yang kita kenal sekarang.

b.      Manfaat blog

Apa gunanya membuat Blog? Apa yang mungkin didapatkan oleh seorang Blogger dalam usaha mengurus Blognya? Rabecca Blood menulis bahwa setelah ia membuat Blog-nya ada dua efek samping yang terjadi yang tidak ia perkirakan sebelumnya. Pertama ia menemukan kembali minatnya semenjak ia mulai membuat Blog. Dan hal kedua yang lebih penting, ia mulai lebih menghargai cara.

c.      Definisi Blog

Untuk mengetahui pengertian blog maka kita harus sedikit singgung tentang CMS. Apakah CMS itu? Content Management System (CMS), adalah sebuah aplikasi berbasis web (web- based application) yang memungkinkan setiap orang membuat dan mengembangkan sebuah situs dinamis, tanpa perlu memahami bahasa pemrograman. Atau, secara sederhana, CMS adalah aplikasi untuk membuat website dinamis secara mudah. Jadi CMS adalah semacam mesin yang memudahkan kita untuk menyusun bahasa pemrograman php atau html agar di dalam membuat website menjadi mudah.
Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan CMS, kita dapat mengetahui pengertian blog. Blog itu adalah sebuah website yang memuat tulisan (posting) secara periodic. Blog disusun dengan menggunakan suatu CMS tertentu, misalnya yang paling popular adalah Wordpress, Joomla, dan Blogspot.. Blog punya fungsi yang beragam, mulai dari catatan harian (diary online) sampai untuk mempublikasikan sesuatu atau dalam artian mengiklankan suatu produk.
Blog juga di istilahkan sebuah situs website yang memungkinkan penggunanya dapat menuliskan atau memposting berbagai hal sesuai dengan keinginannya dengan mudah, (tanpa harus memiliki pengetahuan HTML / PHP yang rumit) dan dapat dikomentari oleh pengunjungnya. Dengan urutan tulisan terbalik dimana tulisan terbaru berada di paling atas kemudian diikuti oleh tulisan lama di belakangnya. Pada awalnya blog hanya berisi sebuah catatan pribadi atau diari online pemiliknya, namun dewasa ini topik blog telah berkembang lebih luas sebagai ajang berbagi pengetahuan, seperti pendidikan, kesehatan, wisata, teknologi dan lain-lain. Bahkan blog juga telah digunakan untuk sebuah perusahaan sebagai media untuk lebih dekat dengan pelanggan dan mitra bisnisnya. (referensi, wikipedia.com blogger.com)
Sekarang banyak sekali layanan untuk membuat blog secara gratis. Diantaranya adalah Wordpress, Blogspot, Blog.Com, Blogsome, Multiply, dan Dagdigdug. Namun dalam tutorial ini akan dijelaskan mengenai cara memanage blog di blogspot/blogger.

d.      Pengguna blog

Blog mempunyai fungsi yang beragam, mulai dari catatan harian (diary online) sampai untuk mempublikasikan sesuatu atau dalam artian mengiklankan suatu produk. Namun seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, berbagai sector memerlukan kecepatan akses informasi yang handal sehingga mulai memanfaatkan teknologi internet untuk aksesnya salah satunya dengan blog. Diantaranya kalangan pemerintah, pendidikan, perusahaan, bahkan individual, pemasaran dan lain sebagainya semua memanfaatkan teknologi tersebut untuk memperlancar dan membantu kinerja seseorang. 

e.      Langkah Membuat Weblog

Menurut kohliem.blogspot.com, ada dua layanan blogging yang telah diakui kehebatannya oleh para blogger di seluruh dunia. Yaitu Blogspot (blogger.com; sebuah layanan yang dimiliki oleh google) dan WordPress.com. Namun karena judul artikel ini adalah cara membuat blog di blogspot, jadi artikel kali ini akan membahas blogspot saja. Untuk selanjutnya silahkan ikuti langkah-langkah cara membuat blog berikut :
1.    Sebelum mendaftar di blogspot, ada hal penting yang harus anda ketahui. Yaitu anda harus mempunyai alamat email yang aktif. karena pada formulir pendaftaran blogspot nanti terdapat kolom email yang harus di isi. Jika tidak diisi, maka kita tidak akan bisa membuat blog di blogspot. Bagi  yang belum mempunyai email, silakan buat email terlebih dahulu di gmail.com
2.    Jika kita sudah membuat dan memiliki  email, Silahkan buka  alamat  situ berikut www.blogger.com, dan sehingga  tampil  halaman seperti di bawah ini.(isi email dan password) lalu klik masuk / Sign in. 

Muncul tampilan window sebagai berikut :


Klik Blog Baru, muncul tampilan sebagai berikut : (Isi Judul dan buat nama blog yang anda inginkan sampe alamat di terima dengan kode √, kemudian pilih template) dan klik Buat blog



    Maka akan muncul window berikut, kemudian anda klik Lihat blog. untuk mengetahui hasil tampilan blog tersebut. atau ketikkan alamat blog yang anda buat, seperti www. http://wisata-smg.blogspot.co.id


Berikut Tampilan blog yang baru di buat

a.      Langkah Posting blog

Setelah tampil hasil blog, kemudian anda dapat mengisi pos atau mengedit isi dalam blog tersebut dengan pemikiran-pemikiran baru yang ingin anda publikasikan di dunia maya, dengan cara anda klik Entri baru di sudut kanan atas pada tampilan blog utama.
1.    Maka anda akan di tampilkan window berikut, dan anda dapat klik entri baru.


Setelah Anda klik entri baru, maka akan muncul window berikut, anda dapat memasukkan teks atau gambat pada window tersebut dan nantinya dapat di tayangkan pada weblog anda.


 Sebelumnya perlu anda pahami lembar kerja penulisan artikel posting berikut:
Cara Mengisi Artikel Blog di Blogspot – Upload File Gambar dan Foto Supaya lebih jelas lagi saya beri tahu fungsi masing-masing toolbar pada jendela posting berikut:

1.      kolom Judul
2.      Model huruf
3.      Ukuran huruf
4.      Paragraf
5.      Format huruf tebal
6.      Format huruf miring
7.      Garis bawah pada teks
8.      Coret teks (kata)
9.      Warna teks
10.  Memberi warna dibawah teks / stabilo
11.  Menyisipkan link
12.  Menyisipkan gambar / upload gambar
13.  Menyisipkan Video
14.   Memotong paragrap (membuat read more)
15.  Format perataan teks
16.  Penomoran
17.  Bulet
18.  Blockquote
19.  Menghapus format
20.  Cek tata bahasa (berlaku untuk bahasa inggris)
21.  Lembar kerja untuk menulis artikel
22.  Menyimpan hasil kerja
23.  Mempublikasikan karya / artikel
24.  Melihat hasil karya dalam blog

Keterangan pada lembar kerja penulisan artikel :
1.      Cara Mengisi artikel (posting artikel blog)
Tulis judul artikel pada kolom judul , kemudian tulis artikel anda lembar kerja kosong, saya sarankan untuk menyelesaikan menulis artikel terlebih dahulu. kalau sudah selesai tinggal memformat artikel anda. Jika ingin mewarnai, menebalkan, atau mengatur posisis perataan teks, awalilah dengan mengblok kalimat atau  kata yang akan di format.
2.      Menyisipkan gambar pada artikel (upload gambar atau foto)
Untuk menyisipkan gambar, klik icon gambar dan ikuti langkah pada window berikut (Upload, From this blog atau lainnya), tentukan anda ingin mengambil gambar dari mana, kalau gambar sudah anda ambil, klik Add selected, kalau menggagalkan klik Batal.


Setelah gamabr berhasil anda Add selection, gambar akan tampil pada kolom posting artikel, hasilnya seperti window di bawah ini.


Kemudian anda dapat merubah besar kecilnya gambar tersebut, dengan cara klik gambarnya maka pada bagian bawah gambar terdapat tombol-tombol pembantu format gambar, seperti Smal, medium, large, x large itu untuk mengatur besar kecil gambar, sedangkan Left, center, right itu berfungsi untuk mengatur posisi peletakkan gamabr di kanan, kiri, atau tengah,  dan tombol Remove untuk menghapus gambar.


Jika gambar ditampilkan terlebih dahulu sebelum mengetik artikel terkadang anda akan kesulitan meletakkan posisi kursor pada kolom penulisan artikel. maka untuk mengatasi hal itu klik pada tombol HTML , maka akan tampil jendela formating artikel dalam bentuk dasar HTML,  pada format HTML gambar yang tadinya terlihat akan digantikan dengan bentuk kode (perhatikan gambar di bawah), tulislah artikel di atas kode gambar  atau di bawah kode gambar sesuai dengan kebutuhan anda. Contohnya disini adalah Artikel sejarah lawang sewu posisi di atas gambar dan lawangsewu merupakan gedung bersejarah posisi bawah / disamping gambar.

Setelah selesai mengetik, klik pada Tombol Compose maka hasilnya akan tampil seperti berikut:


Ø  Berikut contoh hasil entri baru yang sudah terisi;


Ø  Kemudian anda dapat klik Simpan dan Publikasikan, maka akan hasil seperti berikut:

Ø  Jika ingin melihat blog, buka alamatnya sesuai dengan yang kita buat, misalkan www://wisata-smg.blogspot.com
1.      Ukuran teks
Menentkan besar kecil teks dengan cara diblok
2.      Paragraf
Membuat sebuah paragrap pada artikel posting
3.      Format huruf tebal
Membuat teks tebal atau istilahnya Bold
4.      Format teks miring
Membuat teks bentuk miring sebagai tanda penting
5.      Garis bawah pada teks
Membuat teks bergaris bawah
6.      Coret teks
Memberi coretan pada teks
7.      Warna teks
Pewarnaan teks
8.      Memberi warna pada teks
Memberi warna di bawah teks untuk menandai teks penting
9.      Menyisipkan ling
Membuat rujukan atau arahan dasar artikel.
10.  Menyisipkan gambar
Untuk menyisipkan gambar (Image) pada posting, disarankan resolusi/pixelnya kurang darai 500Kb.
11.  Menyisipkan video
Untuk menyisipkan video dari file atau dari youtube, disarankan formatnya Avi.
12.  Memotong paragrap
Memberi potongan paragrap (membuat read more)
13.  Format perataan teks
Membuat teks rata kanan, rata kiri, rata kanan kiri, rata tengah
14.  Penomoran
Membuat paragrap ber nomor baris
15.  Bulet
Memberi simbol pada baris sub parabrap
16.  Blockquote
Memberikan tanda jeda atau “”
17.  Menghapus format
Menghapus aturan menjadi defaud / standart
18.  Cek tata bahasa
Cek tata bahasa berlaku untuk bahasa inggris
19.   Lembar kerja untuk menulis artikel
Kolom lembar kerja untuk mengetik dan menyisipkan artikel
20.  Menyimpan hasil kerja
Menyimpan kasil karya yang telah di entri dalam lembar kerja / posting.
21.   Mempublikasikan karya / artikel
Mempublikasikan karya artikel agar artikel dapat di buka di home page dan dapat di baca oleh banya orang yang membutuhkan karya / artikel yang anda tulis.
22.   Melihat hasil karya dalam blog
            Menampilkan hasil artikel atau karya yang sudah selesai di simpan dan di posting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar